Pengertian Tekanan Darah

jual kaos komik golongan darah

Apa sih pengertian tekanan darah?

Tekanan darah adalah kekuatan darah mendorong terhadap dinding pembuluh darah Anda. Bila Anda memiliki tekanan darah tinggi, tekanan dalam arteri Anda terangkat. Satu dari empat orang dewasa, sekitar 50 juta orang Amerika, memiliki tekanan darah tinggi. Bila tidak diobati, dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Tekanan darah tinggi biasanya tidak menunjukkan gejala, sehingga sering disebut "silent killer." Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Anda memiliki tekanan darah tinggi adalah untuk periksa secara teratur ke dokter. Sebelum ada melakukan donor darah pasti akan dicek apakah anda mengalami tekanan darah tinggi. (prosedur transfusi darah)

Bagaimana cara mengobati tekanan darah tinggi?


  • Menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan
  • Makan makanan sehat rendah lemak jenuh, kolesterol dan garam
  • Batasi minuman keras tidak lebih dari satu gelas per hari untuk wanita atau dua gelas sehari untuk pria
  • Jadilah lebih aktif secara fisik
  • Minum obat dengan petunjuk resep dokter

Siapa yang berisiko terkena tekanan darah tinggi?

  • Orang dengan kerabat yang memiliki tekanan darah tinggi
  • Orang Afrika Amerika
  • Orang-orang di atas usia 35 tahun
  • Orang kegemukan
  • Orang yang tidak aktif secara fisik
  • Orang-orang yang menggunakan terlalu banyak garam
  • Orang yang minum terlalu banyak minuman keras
  • Orang dengan diabetes, asam urat dan penyakit ginjal
  • Wanita hamil
  • Wanita yang mengkonsumsi pil KB yang kelebihan berat badan, memiliki tekanan darah tinggi selama kehamilan, memiliki riwayat keluarga tekanan darah tinggi atau memiliki penyakit ginjal (komponen darah)

Tips menjaga berat badan

Manajemen berat badan yang tepat dapat membantu Anda menjaga kesehatan dan mengurangi risiko kematian dini, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, penyakit kandung empedu, disfungsi pernafasan, osteoarthritis, dan jenis kanker tertentu. Rekomendasi-rekomendasi berikut dapat membantu Anda mengelola berat badan Anda.
  • Meningkatkan aktivitas fisik Anda
  • Minum banyak air
  • Ketika makan di luar ingat untuk mengontrol ukuran porsi Anda
  • Makan makanan tinggi serat untuk membantu Anda merasa kenyang
  • Membuat pilihan kebiasaan yang sehat
  • Jadilah realistis tentang tujuan Anda
  • Makanlah setidaknya lima porsi sayuran dan buah-buahan per hari
  • Jangan terlalu banyak makan makanan ringan
Previous
Next Post »